Mayday Fiesta: Terlalu Sengsara untuk Berpesta

FPR-Jakarta (Mayday, 1/5)—Pimpinan-pimpinan serikat kuning mencoba mengalihkan tuntutan buruh dengan menggelar pesta di Istora. Pesta itu disebut ‘Mayday Fiesta’. Grup band Nidji dihadirkan untuk menghibur buruh. Meski demikian, tuntutan penghapusan outsourcing dan system kerja kontrak serta tuntutan penurunan harga juga bergelora di Istora.

Seperti diberitakan berbagai media massa, Pimpinan-pimpinan nasional serikat-serikat buruh kuning tengah mencoba mendepolitisasi gerakan buruh dengan menggelar pesta perayaan hari buruh internasional dengan cara hura-hura. Tidak kurang, grup band Nidji yang tengah naik daun dan ketua MPR Hidayat Nurwahid yang baru selesai berbulan madu, dipanggungkan untuk bernyanyi dan berpidato di hadapan para buruh.

Propaganda tentang perayaan dengan cara hura-hura ini pun dikabarkan ke berbagai kalangan. Tujuannya tidak lain, memecah bahkan melegitimasi tuntutan buruh yang kian mengerucut pada beberapa tuntutan utama, seperti penghapusan system kerja kontrak dan outsourcing, serta penurunan harga-harga bahan pokok.

Meski demikian, orasi-orasi yang disampaikan oleh pimpinan-pimpinan tingkat ranting dan cabang dari serikat-serikat buruh di Istora ternyata juga menyoroti masalah buruh kontrak, outsourcing, dan kenaikan harga bahan pokok. Sama dengan kawan-kawannya yang berkumpul depan istana presiden, para buruh di Istora juga meneriakkan tuntutan-tuntutan penghapusan buruh kontrak dan outsourcing, serta penurunan harga-harga sembako.

Rupanya, para buruh terlalu sengsara untuk berpesta.***

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s