Buruh Jawa Timur Menolak Sistem Kerja Kontrak

Tempo Interaktif, 1 Mei 2007–Buruh pabrik yang tergabung dalam Aliansi Buruh Menggugat Jawa Timur menggelar demonstrasi menyambut Hari Buruh Sedunia dengan tuntutan penghapusan ikatan kerja kontrak dan subkontrak (outsourcing).

Aksi mereka berlangsung di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan dan Pengadilan Negeri Surabaya. Buruh datang dari berbagai kota seperti Malang, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Mojokerto, Jombang, Kediri, dan Jember.

Juru bicara Aliansi Buruh Menggugat, Jamaludin, mengatakan persoalan perburuhan saat ini sangat menjerat kaum pekerja. Sistem kontrak dan outsourcing yang diatur Undang Undang Ketenagakerjaan di Indonesia memungkinkan pengusaha mempekerjakan buruh dengan dalam ikatan kontrak.

“Padahal, mereka bekerja untuk jenis pekerjaan yang terus menerus. Nasib buruh begitu gampang terpuruk gara-gara ikatan kontrak tidak diperpajangan atau perusahaan memandang tidak perlu lagi outsourcing,” katanya.

Penasihat Aosiasi Pengusaha Indonesia Wiem Patiradjawane mengatakan, mendukung upaya buruh untuk mendapatkan hak-haknya. Ia meminta agar pengusaha memandangn buruh sebagai mitra. “Jangan pandang pekerja sebagai beban. Kalau pekerja sejahtera, perusahaan akan lebih banyak untungnya karena produkstivitasnya naik,” katanya.

Advertisements

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s