FPR Tolak Pertemuan G8 di Jepang

Senin, 7 Juli 2008 – 15:23 wib
Andikey Kristianto – Okezone

JAKARTA – Puluhan aktivis Front Perjuangan Rakyat (FPR) menyerukan aksi damai di Bundaran HI, Jakarta, Sein (7/72008). Dalam aksinya mereka menolak pertemuan tingkat tinggat Tinggi (PTT) G-8 di Huokaiado, Jepang dan menuntut pemerintah tidak menghadiri pertemuan tersebut.

Menurut koordiantor FPR, Rudi HB Daman, hakikat dari seluruh agenda PTT G-8 ke 34 di Jepang itu adalah upaya-upaya negara-negara imperialis pimpinan Amerika Serikat untuk memperbaiki syarat-syarat penindasan bangsa-bangsa di dunia.

Dikatakan Rudi, agenda-agenda pokok seperti krisis pangan dan minyak, lingkungan hidup dan perubahan iklim serta masalah nuklir Korea Utara dan Iran sesungguhnya tidak mewakili kepentingan rakyat.

Demikian halnya dengan perubahan iklim dan perbaikan kulitas lingkungan. Ini justru disikapi dengan perumusan agenda baru yang jauh lebih buruk. Karenanya Rudi menilai, sangat berlebihan bila forum G-8 tersebut dijadikan tumpuan untuk merealisasikan kesejahteraan.

“Kehadiran SBY dalam KTT tersebut sesungguhnya sia-sia,” ujar Rudi dalam orasinya. SBY, kata Rudi, tidak lebih dari hanya mempertontonkan keberpihakan pada imperialisme.

Atas dasar itulah, pihaknya yang merupakan gabungan dari beberapa organisasi mashasiswa, buruh dan sosial itu menyerukan pernyataan sikap menentang pelaksaan KTT G-8, berikut semua agenda yang akan dilaksanakan. (ded)

Advertisements

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s