Tolak Forum G-8, Mahasiswa Demo Konjen Jepang di Medan

07/07/2008 17:31 WIB
Khairul Ikhwan – detikcom

Medan – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum G-8 yang berlangsung di Hokaido, Jepang, mendapat kecaman dari kalangan mahasiswa di Medan. Mereka mendatangi Konjen Jepang yang terletak di Jl. Cut Nyak Dien Medan, Senin (7/7/2008).

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Nasional (FMN) Kota Medan menyatakan ketidaksetujuannya dengan Forum G-8 dengan menggelar aksi unjukrasa. Dalam aksinya, mahasiswa menentang dan mengecam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Forum G-8 ke 34 yang berlangsung di Kota Hokaido Jepang, 7-9 Juli 2008 lusa.

Mahasiswa juga menuding KTT G-8 hanya bertujuan mengeksploitasi dan menghisap darah rakyat negara-negara jajahan Jepang, termasuk Indonesia. Sebab itu, mahasiswa juga mengecam atas rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hadir dalam KTT G-8 tersebut.

“Apakah kehadiran SBY mencerminkan kedaulatan rakyat Indonesia?” kata Ricard, salah seorang mahasiswa.

Sekalipun berlangsung aman, aksi mahasiswa di Konjen Jepang mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Tidak ada perwakilan konjen yang menerima delegasi, sebab itu setelah berunjuk rasa, masa kemudian membubarkan diri dengan tertib. (rul/djo)

Advertisements

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s