Pernyataan AGRA Jabar Banten tentang Sengketa Lahan PTPN VIII Condong dengan Petani Karangsari, Pakenjeng, Garut

PERNYATAAN SIKAP
ALIANSI GERAKAN REFORMA AGRARIA (AGRA) JAWA BARAT BANTEN

Hentikan Kekeraan terhadap kaum tani !!! Hentikan perampasan tanah kaum tani !!!

Krisis ekonomi di Indonesia telah menyebabkan semakin tingginya penghisapan dan penindasan di pedesaan oleh penguasa maupun pemilik modal. Mereka dengan tidak memperhatikan kepentingan rakyat terus melakukan upaya-upaya penguasaan terhadap sumber-sumber agraria khususnya tanah, dengan cara merampas tanah kaum tani serta mengusir paksa kaum tani dari tanah garapannya.

Situasi seperti ini pula menimpa kau tani di Desa Karangsari Kec. Pakenjeng Kab. Garut, yang sejak berkuasanya pemerintahan Orde Baru tanah yang tadinya menjadi sumber penghidupan bagi kaum tani di Desa Karangsari telah di rampas melalui aparatus Negara (TNI, POLRI) untuk dijadikan perkebunan sawit yang seterusnya dikuasai oleh PT. Condong. Sehingga sampai saat ini akibat dari praktek perampasan tanah tersebut kaum tani di Desa Karangsari tidak lagi bisa mengolah tanah untuk kepentingan hidup sehari-hari

Kondisi tersebut bertambah berat ketika pada awal 2008, kaum tani di Desa Karangsari melakukan upaya-upaya untuk memperjuangkan apa yang telah menjadi haknya dijawab dengan sebuah tindakan yang anti terhadap tuntutan kaum tani, berupa penyerangan terhadap warga Desa Karangsari oleh preman bayaran PT. Condong, mengadu domba antara buruh PT. Condong dengan kaum tani, serta banyak lagi tindakan-tindakan teror yang dilakukan oleh pihak PT. Condong.

Ironisnya, tindakan semena-mena pihak PT. Condong didukung sepenuhnya oleh pihak aparat kepolisian yaitu POLRES Garut dengan melakukan tindakan yang anti rakyat, berupa :
1. Melakukan pemanggilan terhadap 10 orang yang dianggap sebagai tersangka sebagai pelaku tindakan pengrusakan terhadap barang milik PT. COndong, dan di tuduh sebagai provokator.
2. Menurunkan ratusan personel DALMAS di bantu oleh angota BRIMOB dengan alasan untuk mencari orang-orang yang dianggap sebagai provokator.
3. Melakukan penangkapan semena-mena terhadap 6 warga Desa Karangsari
4. Melakukan raktek adu domba sesame warga, serta tindakan-tindakan anti rakyat lainnya.

Dengan fakta itu maka, POLRES Garut telah menempatkan posisinya sebagai kaki tangan dari kepentingan pemilik modal (PT. Condong), yang jelas-jelas telah mencaplok tanah rakyat. Sampai saat ini pula pihak aparat sebagain masih berada di Desa Karangsari, dan itu jelas akan terus menciptakan rasa tidak aman bagi seluruh warga khususnya kaum tani, karena tindakannya yang berpihak kepada PT. Condong.

Maka dengan demikian kami dari Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) Jawa Barat-Banten menuntut:
1. Tarik mundur personel DALMAS yang di pimpin oleh POLRES Garut dari Desa Karangsari Kec. Pakenjeng Kab. Garut;
2. Hentikan penangkapan terhadap warga Desa Karangsari tanpa terkecuali;
3. Hentikan pencarian terhadap orang-orang yang dianggap sebagai provokator;
4. Hentikan campur tangan pihak POLRES Garut terhadap persoalan sengketa antar warga dengan PT. Condong;
5. Menuntut kepada semua instansi terkait untuk menyelesaikan sengketa tanah antara warga Des Karangsari dengan PT. Condong yang berpihak pada tuntutan kaum tani Karangsari;
6. Bebaskan tanpa syarat enam warga yang ditahan di POLRES Garut;
7. Menyerukan kepada seluruh kaum tani di Jawa Barat untuk terus melakukan perjuangan atas tanah, demi tercapainya land reform sejati.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat. Untuk segera di tindaklanjuti dan di laksanakan.
Garut, 26 Agustus 2008

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s