Demo Petani Rusuh, Seorang Pengunjuk Rasa Ditikam

(Berikut ini adalah liputan detik.com tentang aksi AGRA dan FMN yang diwarnai aksi penusukkan yang dilakukan orang tak dikenal yang diduga berasal dari suatu ormas kepemudaan setempat)

Jumat, 29/08/2008 19:32 WIB
Khairul Ikhwan – detikNews

Medan – Aksi unjuk rasa puluhan mahasiswa dan warga trasmigrasi Kabupaten Tapanuli Tengah di Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut) berlangsung rusuh, Jumat (29/8/2008) sore. Seorang pengunjuk rasa ditikam orang tak dikenal dalam aksi itu.

Korban Edison Simatupang saat ini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Islam Malahayati, Jl. Diponegoro, Medan. Sementara dua orang yang diduga pelaku sudah diamankan polisi.

Aksi unjuk rasa itu dilakukan Forum Peduli Tanah Rakyat Tapanuli Tengah. Aksi yang dikoordinir Edi Simatupang ini menuding Bupati Tapanuli Tengah Tuani L Tobing terlibat dalam alih fungsi lahan transmigrasi warga di Kecamatan Andam Dewi, Sirandong dan Manduamas seluas 6.000 hektar menjadi perkebunan kelapa sawit dengan memberikan izin prinsip kepada PT Nauli Sawit.

Pengunjuk rasa juga menuntut agar Pemerintah Provinsi Sumut segera mengembalikan tanah milik warga transmigran di Tapanuli Tengah, serta menghentikan segala bentuk aksi intimidasi terhadap warga.

Saat tengah menunggu Gubernur Sumut datang menemui pengunjuk rasa, tiba-tiba beberapa pemuda yang bukan anggota kelompok pengunjuk rasa mendatangi dan langsung menikam paha kiri Edison dan langsung melarikan diri.

“Pelaku mendekati, kemudian langsung ditikamnya pahaku dengan pisau,” kata Edison.

Polisi yang mengamankan aksi tersebut berhasil menangkap dua tersangka pelaku, Viktor Putra Pajar Sianipar dan Dedy Sanjoyo, keduanya kini diperiksa di Mapolsek Medan Baru. Sementara pelaku utama masih belum ditangkap. (rul/ken)

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s