6 Dekade Deklarasi HAM, 500 Warga Geruduk Istana

Kamis, 04/12/2008 16:45 WIB
Muhammad Taufiqqurahman – detikNews

Jakarta – Memperingati 60 tahun Deklarasi Hak Asasi Manusia (HAM), 500 warga menggeruduk Istana Negara. Tak hanya orasi, mereka juga menyanyi dan menari.

500 Orang dari Urban Poor Consortium (UPC) itu sampai di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (4/12/2008) setelah long march dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) sekitar pukul 16.00 WIB. Melantunkan koor lagu ‘Padamu Negeri’, aksi mereka disambung dengan iringan gamelan plus gendang jawa.

Sekitar 30 orang mengenakan kaos hitam, berikat pinggang jerami, dan berikat kepala bulu-bulu ala Indian menari berputar-putar. Spanduk berukuran 3×1 meter berwarna putih dengan tulisan ‘Peringatan 60 Tahun Deklarasi Hak Asasi Manusia’ berwarna merah pun dibentangkan.

“Ini adalah Perayaan 60 tahun Deklarasi HAM. Ini kita mendatangi Presiden, sekalian dengan warganya yang datang untuk menemui Presidennya,” kata Kepala UPC Wardah Hafidz.

Namun, imbuh Wardah, tak ada niatan perwakilan UPC untuk bertemu Presiden. “Ini hanya warga yang menyatakan aspirasinya. Warga ini berasal dari 15 kota di daerah Jawa, Sulawesi dan Sumatera,” imbuh perempuan yang mengenakan hem lengan panjang putih dan rok batik cokelat ini.

Wardah juga mempertanyakan kemiskinan yang tak kunjung tuntas ditangani oleh negara. “Sampai saat ini tidak ada perkembangan tentang pemberantasan kemiskinan. Pemerintah tidak serius dalam menangani kemiskinan,” kata dia.

Sekitar 100 polisi pun membentengi peserta aksi.(nwk/ken)

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s