FMN Menentang tindakan Represif Aparat Keamanan terhadap Aksi Mahasiswa menolak Pengesahan UU BHP

Front Mahasiswa Nasional Mengecam Keras Tindakan Represifitas Aparat Kepolisian Terhadap Aksi Mahasiswa di Jogjakarta dan Makasssar yang Menolak pengesahan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan

Salam Demokrasi !
Tindak kekerasan dan Represifitas aparat kepolisian kembali terjadi. Tercatat pada hari selasa tanggal 16 Desember 2008, kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian kota jogjakarta terhadap aksi yang dilakukan oleh Front Mahasiswa Nasional menyambut kedatangan Presiden SBY dan menentang pengesahan RUU BHP. Hal yang sama juga terjadi di Universitas Hasanudin Makassar ketika dengan membabi buta aparat kepolisian masuk kampus dan melakukan tindak kekerasan kepada mahasiswa yang juga melakukan penolakan terhadap RUU BHP, aksi tersebut terjadi pada tanggal 17 Desember 2008.
Pada aksi yang dilakukan di jogjakarta aparat kepolisian juga melakukan tindakan kekerasan untuk membubarkan massa aksi tercatat koordinator aksi terpukul pada bagian mulut, belum lagi berbagai tindakan lainnya seperti pukulan dan tendangan oleh aparat. Bahkan sempat juga delapan peserta aksi yang ditangkap yaitu Asep, Raja,Aldi, Agung, Dani, Musa, Uung dan Bosko.

Kekerasan pihak Kepolisian DIY juga terjadi lagi pada tanggal 20 Desember 2008 ketika terjadi aksi massa untuk menentang UU BHP yang telah di berlakukan. Akibat dari kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian sebanyak 3 orang (Dadang, Yakob, Gagas) dari FMN harus dirawat di rumah sakit, sementara 8 lainnya mengalami luka ringan akibat pukulan dan lemparan batu pihak kepolisian jogja.

Tindakan kekerasan yang dilakukan aparat kepolisian baik di Jogjakarta dan Makassar, membuktikan bahwa Indonesia belum mencerminkan kehidupan yang negara demokratis dan ini juga menambah deretan pengekangan demokratisasi di di negara ini. Hak setiap warga negara untuk berpendapat dan mendapatkan perlindungan, tetapi tindakan yang menimpa mahasiswa kali ini telah menungjukkan adanya pelanggaran hak-hak asazi manusia. Jangan salahkan jika aksi-aksi mahasiswa akan terus bergelora di kampus-kampus dan kota-kota meledakkan percikan-percikkan api hingga bara api yang besar untuk menegakkan hak-haknya.

Berdasarkan hal tersebut, Pimpinan Pusat Front Mahasiswa Nasional (PP FMN) menyatakan sikap :

1. Mengecam keras tindakan sewenang-wenang aparat kepolisian jogjakarta dan makassar terhadap massa mahasiswa yang melakukan aksi penolakan UU BHP.

2. Menuntut pihak kepolisian Jogjakarta dan Makassar untuk meminta maaf secara terbuka.

3. Menyerukan kepada seluruh mahasiswa di Indonesia untuk terus menggelorakan perjuangan massa menuntut hak-hak demokratis atas pendidikan di kampus-kampus yang terus dirampas oleh kapitalis birokrat di bawah pimpinan rejim komparador SBY-Kalla “tukang dagang” dan “korup” yang menjalankan praktek dominasi imperialisme dan rejim boneka di dalam negeri untuk terus mengeruk keuntungan besar atas kekayaan alam, pasar dan tenaga kerja murah di Indonesia.

4. Menolak secara tegas Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan dan untuk segera membatalkan pemberlakuan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat. Gelorakan Terus Perjuangan Massa di Kampus! Maju dan Jayalah Perjuangan Massa!

Jakarta, 17 Desember 2008
Pimpinan Pusat
Front Mahasiswa Nasional

Sekretaris Jenderal
Nurshohib Ansyari

Advertisements

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s