KRONOLOGI AKSI PENOLAKAN UU BHP FMN DIY

Berikut ini adalah rincian kronologi aksi mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Nasional Cabang Yogyakarta pada tanggal 20 Desember 2008.

10.30 : Aksi dibuka di gedung multi perpus UIN sunan kali jaga yogyakarta. Massa aksi melanjutkan perjalanan menuju pertigaan UIN jalan solo. Massa aksi lagsung merapatkan barisan dan membakar ban

11.00 Masa aksi memblokir jalan dan melakukan tidur dijalan, sementara korlap terus melakukan orasi.

11.30. Datang pasukan polisi dan memaksa massa aksi untuk bubar. Tetapi massa aksi bertahan. Represifitas pun dilakukan oleh polisi. 2 orang massa aksi mengalami pingsan karena diinjak dan diseret polisi, 7 orang mengalami luka.

11.45 : Polisi terus mendorong massa aksi hingga pintu gerbang kampus UIN, massa aksipun masuk kampus. Saling lempar batupun terjadi antara massa aksi dan polisi. Polisi melakukan lemparan ke dalam kampus.

11.55 : Polisi mundur, massa aksi istirahat di kampus UIN.

Aksi lanjutan:

13.10 : Massa aksi kembali merapikan dan melanjutkan aksi menuju pertigaan jalan solo. Sesampai di pertigaan massa aksi kembali melakukan pembakaran BAN. Sementara polisi berjaga- jaga ditrotoar.

14.30 : Polisi kembali memaksa massa aksi untuk masuk kedalam kampus. Massa aksi bertahan dan terjadilah dorong-dorongan dengan polisi. Represif kembali dilakukan polisi dengan memukul menendang massa aksi. Salah satu massa aksi( yogo anggota FMN UAD) ditangkap dan diamankan menuju pos polisi. Tetapi tidak lama kemudian berhasil dikeluarkan oleh massa aksi. Massa aksi menuntut agar Yogo dibebaskan. Lemparan batupun terjadi karena polisi terus melakukan penyerangan, mengakibatkan kawan Dadang( FMN UST) bocor kepalanya karena dipukul polisi menggunakan tongkat.

14.50 : Massa aksi bertahan di jalan dan melakukan mimbar bebas. Dengan penjagaan barisan polisi. Sementara dibarisan belakang juga melakukan penjagaan di depan gerbang masuk kampus UIN.

15.00 : Aliansi Mahasiswa Papua bersolidaritas dan langsung bergabung dengan barisan massa aksi FMN. Aksi pun kembali dilakukan untuk memblokir pertigaan solo. Dorong dorongan dengan polisi kembali terjadi represifpun kembali dilakukan oleh polisi kepada massa aksi.

15.15 : Terjadi saling lempar batu antara massa aksi dan Polisi karena polisi. Polisi terus melakukan provokasi dengan mengambil salah satu massa aksi dan kemudian meyeret, memukuli juga menendangi. Polisi kembali mendatangkan pasukannya dan kembali memprovokasi dengan melempari massa aksi. Dalam keadaan yang mencekam massa aksipun terus melakukan perlawanan terhadap polisi. 2 massa aksi bocor kepalanya aksibat bukulan dan lemparan batu polisi.

15.30 : SMI bergabung dalam barisan aksi dan ikut melakukan perlawanan terhadap polisi. Saling lempar batu masih terjadi bahkan polisi juga melakukan rentetan tembakan peringatan

16.00 : Massa aksi mundur menuju pintu gerbang UIN, Karena diserang oleh psukan polisi dan juga brimob. Massa aksi bertahan di kampus uin sementara pasukan polisi dan juga brimob terus menambah kekuatan dan melakukan pengepungan kampus UIN.

16.15 : Solidaritas terus berdatangan dari organisasi mahasiswa di Yogyakarta. BEM UAD, (Aliansi BEM Jogja), IMM, Sekber,LMND dan juga pers mahasiwa bergabung dalm aksi penolakan UU BHP. Tapi sebagian tidak bisa masuk kampus karena jalan terus dijaga oleh polisi.

17.05 : Pembantu rektor III UIN datang dan melakukan negosiasi kepada pimpinan aksi untuk menghentikan aksi. Massa aksipun mensepakati dengan jaminan polisi tidak masuk kampus dan menjamin keamanan massa aksi.

17.20 : Pimpinan aksi menyampaikan bahwa aksi kita tidak hanya sampai disini. Kita akn kembali kekampus masing-masing dan akan kembali melakukan aksi dengan jumlah massa yang lebih besar untuk teru menuntut pembatalan UU BHP

17.35: Aksi ditutup didepan gerbang kampus UIN dengan menyayikan Darah Juang

keterangan:

Massa aksi yang dilarikan ke rumah sakit 3 orang:

1. Dadang (anggota FMN UST): kepala bocor kemudian mendapat 4 jahitan

2. Yacob (anggota FMN STPMD APMD): kepala bocor kemudian mendapat 6 jahitan

3. Gagas (anggota FMN UII): kepala terluka dan harus di opname

Massa aksi yang mengalami luka ringan: 8 orang

Advertisements

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to KRONOLOGI AKSI PENOLAKAN UU BHP FMN DIY

  1. David Santos says:

    My friends, send me resulted and photos more so that I can work your side and make to know to the World of the slaughter that the indonésio army is to make against your people.

    David Santos – Portugal

  2. fuad says:

    biarpun polisi pukul kawan2 tapi dia gak bisa pukul semangat juang kami ingat pak pol….!!!!!!!

  3. Furqon says:

    salam demokrasi…
    Ni BPK FMN UII yogyakarta…
    terus gelorakan perjuangan melawan penindasan
    LONG LIFE PEOPLE STRUGGLE….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s