Ribuan Buruh yang Tergabung Dalam FPR Jombang Tuntut UMK 2015 Rp. 2.180.000,-

fpr jombang umkRibuan buruh yang tergabung dalam Front Perjuangan Rakyat (FPR) Jombang turun ke jalan (12/11/2014) menggelar aksi unjuk rasa menuntut kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kabupaten Jombang.

Buruh membuktikan janjinya memblokir jalan raya antar provinsi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sehingga seluruh kendaraan yang melintas dari Jombang ke arah Surabaya, maupun sebaliknya terhenti total.

Setelah dinegosiasi oleh petugas, buruh akhirnya bergerak ke arah Pemkab Jombang untuk menemui Bupati Jombang Nyono Suharli. Buruh menuntut, bupati menaikkan UMK di Kota Santri itu, dari sebelumnya Rp1,5 juta menjadi Rp 2,180 juta.

Dalam aksinya, para buruh ini menolak rencana pemerintah yang menaikan UMK dari Rp1.500.000 menjadi Rp1.700.00.  Kenaikan itu dinilai terlalu kecil tidak sesuai dengan kebutuhan hidup layak para buruh. Buruh menuntut UMK di Kabupaten Jombang tahun 2015 Rp 2. 180.000,-
Koordinator Lapangan Samsul Huda mengatakan, kenaikan dari pemerintah itu terlalu kecil dan tidak layak untuk kehidupan buruh di tengah mahalnya harga bahan kebutuhan pokok dan rencana pemerintah menaikan harga BBM.

“Kami  kaum buruh ini nekat melakukan aksi sweeping, mogok massal, dan memblokir jalan, karena meski sudah demo hingga beberapakali, Bupati Jombang Nyono Suharli tak mau memenuhi tuntutan kami, nemuin saja Bupati tidak mau”.

Dalam aksi ini, kami  juga menolak rencana pemerintah menaikkan harga BBM, karena akan membuat rakyat miskin semakin sengsara. (rd-2014).

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s