Seruan Umum FPR Tentang Kampanye Hari HAM Internasional 2014

1353656638_human-rights-daySeruan Umum FPR Tentang Kampanye Hari HAM Internasional 2014

Kepada Yth.
1. Seluruh Koordinator FPR Kota/Daerah dan Luar Negeri
2. Seluruh Ketua/Pimpinan Organisasi yang tergabung dalam Front Perjuangan Rakyat (FPR)
3. Individu dan Simpatisan Front Perjuangan Rakyat (FPR)
Di Tempat

Salam Demokrasi!
Semoga surat ini menjumpai kawan-kawan senantiasa dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam menjalankan kerja massa untuk membangkitkan, mengorganisasikan dan menggerakkan massa di tengah-tengah rejim Jokowi-JK yang semakin anti rakyat.

Berbagai kebijakan yang diambil oleh Rejim Jokowi-JK telah mengkhianati pemenuhan hak-hak dasar rakyat. Penolakan penaikan harga BBM yang terus menyebar di daerah-daerah tidak malah membuat Jokowi-JK untuk mencabut kebijakan kenaikan BBM yang terus menuai protes dari rakyat Indonesia. Bahkan unjuk rasa yang bertujuan membatalkan kenaikan harga BBM, malah dijawab dengan tindakan-tindakan represif yang menggunakan aparat negara untuk memukul gerakan rakyat. Khususnya di gerakan pemuda mahasiswa, saat ini telah tercatat ratusan demonstran ditangkap. Sementara itu, ada 8 mahasiswa di DO akibat terlibat dalam penolakan kenaikan harga BBM. Ironinya lagi, rejim Jokowi yang sok populis ini telah memakan 1 (satu) korban jiwa (Muhammad Arif) massa aksi di Makassar. Ini merupakan salah-satu bukti Rejim Jokowi-Jk sebagai pemerintahan yang anti kritik dan mengekang nilai-nilai demokrasi serta HAM di Indonesia.

Demikian pula pembebasan bersyarat Pollycaprus sebagai tersangka pembunuhan Munir. Ini merupakan berita buruk dalam penegakan HAM di Indonesia. Padahal di masa kampanyenya, Jokowi-JK berkomitmen untuk menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM di masa lalu.

Kemudian tuntutan buruh terhadap kenaikan upah tahun 2015 di seluruh daerah-daerah, juga tidak mendapat tanggapan yang positif dari rejim Jokowi-JK. Kenaikan Upah buruh tahun 2015 hanya berkisar 7-15%, sangat jauh dari tuntutan untuk memenuhi kebutuhan hidup layak buruh beserta keluarganya. Ini menjadi bukti bahwa rejim Jokowi-JK tidak ada ubahnya dengan rejim SBY yang tetap mempertahankan Upah murah di Indonesia demi kepentingan imperialisme dan borjuasi besar komprador di Indonesia.

Perampasan upah, tanah, kerja menjadi permasalahan yang terus berlanjut di masa pemerintahan Jokowi-JK. Padahal Pemenuhan upah, tanah dan kerja adalah pemenuhan hak azasi manusia (HAM) di Indonesia. Bahkan melalui pertemuan KTT APEC, KTT ASEAN dan G20, Jokowi tampak mempromosikan Indonesia kepada tuannya (imperialis AS) untuk meningkatkan investasi di dalam negeri. Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa pembangunan di Indonesia di masa pemerintahan Jokowi-JK ke depan akan tetap bersandarkan pada investasi dan utang dari imperialis AS. Ini semakin menunjukkan watak boneka dari pemerintahan Jokwi-JK yang semakin jelas di tengah rakyat Indonesia.

Maka, berdasarkan uraian pandangan di atas dan menyambut Peringatan Hari HAM Internasional 2014 pada 10 Desember, kami dari Komite Kerja Harian Nasional Front Perjuangan Rakyat (FPR) MENYERUKAN Kepada seluruh organisasi yang tergabung dalam FPR serta Komite Kerja FPR di setiap daerah, baik yang berkedudukan dalam negeri maupun yang ada di luar negeri untuk dapat menjalankan kampanye Peringatan Hari HAM Internasional 2014, dengan Tema “Rejim Jokowi-JK telah Khianati Penegakan HAM di Indonesia. Batalkan penaikan harga BBM dan Naikkan Upah Buruh 2015 Sesuai Kebutuhan Riil Buruh.

Untuk momentum puncak kampanye, Diserukan kepada seluruh komite kerja dan organisasi anggota FPR di setiap daerah dan luar negeri agar menyelenggarakan AKSI SERENTAK pada tanggal 10 Desember, dengan sasaran Aksi di pusat-pusat pemerintahan setempat, terutama di Kantor Gubernur dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Khusus untuk yang berada di luar Negeri, Aksi dapat jalankan di Kedutaan-kedutaan besar (Kedubes) atau Konjen (KJRI) ataupun bentuk-bentuk Instansi perwakilan pemerintah RI diluar Negeri tempat kerja masing-masing.

Demikian Seruan ini disampaikan untuk dapat mengkoordinasikan seluruh kegiatan kampanye secara Nasional. Atas perhatian dan Kerjasama Kawan-kawan, Kami sampaikan banyak terimakasih.

Jakarta, 07 Desember 2014
Hormat kami
Front Perjuangan Rakyat (FPR)

Rudi HB. Daman
Koordinator Umum
CP:
Rudi HB Daman (Koordinator) : +6281213172878
Harry Sandy Ame (Sekretaris) : +6287885594382

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s