FPR Galang Solidaritas Terhadap Korban Asap dan Protes Jokowi

aksiasap2210FPR NEWS. Hampir tiada jeda, Front Perjuangan Rakyat (FPR) terus menggelar Aksi untuk memberikan solidaritas dan menggalang dukungan untuk Korban bencana Asap di Sumatera dan Kalimantan, serta untuk melakukan Protes terhadap pemerintah atas kelambanannya yang dinilai abai terhadap Bencana asap dan penanganan korban yang terus berjatuhan.

Hari ini, Kamis, (22/11/15), FPR kembali menggelar aksi didepan kantor Kementerian Kesehatan RI, untuk mendesak Kemenkes segera memberikan pengobatan dan pelayanan kesehatan lainnya secara gratis.

Kurbana Yastika (Koordinator Lapangan), menyampaikan bahwa aksi ini digelar sebagai respon cepat atas kembali jatuhnya 3 orang korban meninggal di Riau dan Kalimantan akibat asap dalam dua hari ini.

Emilia Yanti (Sekjend. Gabungan Serikat Buruh Indonesia), dalam orasinya menyampaikan bahwa “Bencana asap ini adalah akibat pembakaran lahan dan hutan untuk pembukaan lahan perkebunan yang di fasilitasi dan dilindungi oleh Negara”. Dilain sisi (tambahnya), ditengah jatuhnya korban yang terus bertambah akibat serangan asap yang terus memburuk, Pemerintah masih belum memberikan tindakan cepat dan tepat bagi korban. Inilah cermin Sikap pemerintahan Jokowi-JK yang anti kritik dan hanya mengutamakan kepentigan para pemodal yang dilayaninya, Kecam Yanti.

Kualitas pencemaran udara di Sumatera dan Kalimantan terus memburuk, jelas Ali (Pimpinan AGRA) dalam Orasi berikutnya. Ali menambahkan, seiring semakin buruknya kualitas udara di daerah terdampak, warga semakin kesulitan untuk bernafas dan untuk mendapatkan udara segar. Artinya, ini adalah ancaman akan terus bertambahnya korban seperti yang terjadi dalam dua hari ini, 3 orang telah meninggal dunia dari Anak kecil dan lansia, jelasnya.

Tentu sangat menyakitkan bagi korban dan seluruh warga ketika Pemerintah masih menganggap bencana ini sebagai bencana biasa dan tidak segera melakukan penanganan, tutup Ali.

Meskipun dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, namun massa aksi terus dengan semangat meneriakkan yel-yelnya hingga aksi berakhir.

“Evakuasi Saudara Kami sekarang juga”, “Pengobatan Gratis untuk Korban asap”, “Hukum pemilik dan Cabut izin perusahaan-perusahaan besar pelaku pembakaran hutan”. Demikian penggalan-penggalan yel-yel yang diteriakkan disetiap jeda orasi yang dilakukan secara bergantian hingga aksi ditutup dengan tertib. (2015)

Sumber Berita dan Foto: Mrb-media.com

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s