FPR Mengecam pembubaran aksi dan penangkapan Aktifis GAAS di Palangkaraya Kalimantan Tengah

FPR NEWS. Aksigass kalteng damai rakyat di Palangkaraya, Kalimantan Tengah (31/10/2015) yang tergabung dalam Gerakan Anti Asap (GAAs) mendapatkan tindakan represif dari aparat kepolisian, termasuk penangkapan atas 4 (empat) orang aktifis yang terlibat dalam aksi.

Aksi yang berlangsung tertib dan damai, tiba-tiba diminta untuk diakhiri oleh pihak kepolisian. Meski negosiasi tengah dilakukan agar aksi tetap bisa dilanjutkan, namun aparat kepolisian dengan beringas langsung membubarkan massa aksi dengan menggunakan pentungan rotan. Empat orang ditangkap oleh pihak kepolisian dan langsung dibawa ke kantor kepolisian.

Atas insiden ini Front Perjuangan Rakyat (FPR) melalui Kordinatornya Rudi HB Daman di Jakarta mengatakan, Front Perjuangan Rakyat (FPR) mengecam keras pembubaran aksi dan penangkapan Aktifis GAAS di Palangkaraya, Kalimanatan Tengah pada hari ini. FPR mengecam keras tindakan aparat kepolisian yang membubarkan dan menangkap 4 orang yang terlibat dalam aksi, FPR meminta pihak Kepolisian untuk menghentikan berbagai bentuk kekerasan terhadap rakyat dan FPR mmendesak agar pihak kepolisian Palangkaraya untuk segera membebaskan aktifis yang ditangkap tanpa syarat. Tegas Rudi

Rudi menambahkan, tindakan represif dan penangkapan ini semakin membuktikan bahwa pemerintahan Jokowi adalah rezim fasis, yang senantiasa siap untuk menggunakan aparat kekerasan negara untuk membubarkan aksi-aksi demokratis yang dilakukan oleh rakyat. Kejadian di Jakarta kemarin dan Palangkaraya dalam waktu yang beruntun menunjukkan bahwa jalan kekerasan adalah pilihan bagi Jokowi untuk meredam suara-suara rakyat yang menginginkan peruabahan di negeri ini.

Aksi GAAS ini dilakukan bertepatan dengan kedatangan Presiden Jokowi ke Palangkaraya, terkait dengan masalah asap yang sudah berlangsung selama tiga bulan terakhir. Aspirasi damai ini digelar untuk menyampaikan secara langsung kepada Presiden agar memberikan perhatian serius terhadap korban asap, memberikan bantuan gratis tanpa syarat kepada korban asap, serta menghentikan pembakaran hutan yang akan digunakan sebagai perluasan perkebunan sawit di Indonesia.

GAAS adalah aliansi rakyat yang selama ini terlibat didalam kampanye dan advokasi untuk masalah asap, didalamnya terdiri dari berbagai organisasi diantaranya; FMN, GMNI, Walhi Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Hanau, Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Kab. Katingan. (red2015)#

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s