Kronologi bentrokan Warga kampung Dadap dan Aparat Gabungan yang akan melakukan penggusuran

Tanggerang, 10/5/2016
–    Pukul  06.00 WIB pihak Aparat  gabungan yang beranggotakan 800 Polisi, 400 Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) dan tentara 1 kompi, mulai mendatangi pasar Melayu Dadap, kemudian melakukan Apel kurang lebih sekitar 30 Menit.

–    Pukul 06.30-07.30 Aparat yang di lengkapi Senjata seperti; tameng, gas air mata, dan peluru karet, mulai membuat barisan di sepanjang jalan menuju kampung Dadap tepatnya di kiri jalan dari pasar Melayu Dadap.

–    Melihat pihak aparat sudah bersiap diri maka warga Dadap pada pukul 07.00 Wib, mulai berkumpul dan membuat barisan pertahanan (sekitar 2000 ribuan lebih) di dua sisi jalan di jembatan kedua.

–    Pada saat warga mulai berdatangan dan berkumpul menyiapkan barisan dari pihak aparat ada beberapa polisi yang memprovokasi dengan menggesek – gesekan  pedang samurai ke jalan.

–    Pukul 07.30 Wib, mulai terjadi bentrok antara warga dan pihak aparat, bentrok ini di picu oleh propokasi aparat sehingga pemuda terpancing dan berusaha masuk kebarisan aparat. Bentrok mulai reda ketika gas air mata di tembakan ( 80.30) dalam bentrok ini 3 orang terluka dri pihak aparat dan 3 mobil intel hancur.

–    Pukul 08.30 hingga pukul 13.30 warga bertahan di tempat dengan membuat barisan. Barisan paling depan adalah Ibu – ibu, barisan kedua Pemuda dan barisan ketiga Ibu – ibu. Selain berbaris juga memblokade jalan dan membakar Ban.

–    Pukul 13.30 Wib aparat mulai mempropokasi dengan membuat barisan disisi lainnya dengan tambahan pasukan 200 Polisi dan 200 Militer yang di lengkapi mobil water Canon 5 mobil, blangwir 2 mobil.

–    Pukul 13.30 hingga 14.00 Bentrok terjadi lagi, kali ini aparat menembaki warga dengan peluru karet dan peluru Tajam, sedikitnya 5 warga menjadi korban penembakan. Satu  orang warga terkena tembak di dahi, Ridwan dan Kamal terkena di betis, Andi terkena di kaki da Ipul terkena Peluru tajam di bagian mata kaki. Aparat juga menembakan Gas air mata ke warga, 2 orang warga terluka kena gas dan selongsong gas air mata. Eko kena di bagian kepala dan Hery kena di bagian kaki. Dan dua orang warga lainya menjadi korban salah tangkap polisi.

–    Pukul  14.00 WIB bentrok mulai mereda, warga kembali mengatur barisan dan membakar ban.

–    Pukul 16.00 WIB, pihak aparat mulai meraksek masuk setelah kedatangan Krisna Murti

–    Pukul 17.00 – 18.00 WIB, Krisna Murti meminta berdialog kepada warga. Dialog antar warga dan Krisna Mukti cukup lama lantara warga meminta tarik mundur pasukan aparat dan meminta di bebaskan dua orang warga yang di tangkap. Lalu  Krisna mulai berbicara soal pembubaran warga dengan alasan kemacetan dan mengancam akan mengambil tindakan tegas jika warga tidak mau bubar. Warga bersikeras tidak mau mundur sebelum aparat di tarik. Krisna pun bulak balik mengkordinasikan polisi.

–    Pukul 17.30 Wib, Dua orang Warga korban salah tangkap yang di tangkap Polisi di bebaskan dengan kondisi badan babak belur dan satunya lagi mengalami benjol di jidat.

–    Pukul 18.30 Wib, warga masih bertahan dengan melakukan penjagaan kampung, membuat posko keamanan dan memberlakukan sistim rolling.

–    Pukul 19.00 Wib, sebagian polisi masih berjaga-jaga di lokasi.

–    Pukul 20.00 Wib, Pihak aparat mulai mengoskan Kampung dadap.

–    Pukul 21.00 Wib, warga mendapat informasi bahwa SP 2 sudah keluar di kelurahan kosambi, kemudian ada klaim dari pemerintah setempat sekitar 20 orang yang sudah mendapatkan kunci.

Dadap 10 Mei 2016

Kronologi ini dibuat oleh:
Front Perjuangan Rakyat (FPR) Serikat Pemuda Jakarta (SPJ), Front Mahasiswa Nasional (FMN), Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) yang berada di lokasi kejadian bersama2 dengan Warga Kampung Dadap.

Advertisements

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Berita and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s