MALAM SOLIDARITAS KEPERGIAN KAWAN YUSTINUS DARMA

 

“Semua orang tentu akan mati, tetapi kematian itu bisa berbeda-beda artinya. Mati dengan jalan mengabdi kepada rakyat, akan jauh lebih berarti untuk perubahan bagi rakyat”

darma2 

Yustinus Darma adalah salah-satu aktivis dan kader terbaik pejuang Demokrasi Nasional. Pada Kamis 12 Oktober 2016, kawan Yustinus Darma menghembuskan Nafas terakhirnya di RSUD WZ Johanes, Kupang akibat menderita Meningitis (radang selaput otak). Sebelum meninggal Yustinus Darma mengalami koma selama 3 hari.

Kepergian Yustinus Darma diiringin kesedihan yang mendalam bagi sanak saudaranya dan kawan-kawan seperjuangan. Gerakan di Indonesia, NTT dan secara khususnya bagi FPR, sangat-sangat kehilangan atas kepergian sosok pejuang tangguh Yustinus Darma.  Beliau adalah salah-satu aktivis massa yang menancapkan kuat Gerakan Massa Demokrasi Nasional di Tanah Kupang, NTT dan menjadi Ketua I FMN Cabang Kupang. Pasca kuliah S1 Perikanan di Universitas Muhammadiyah Kupang, Yustinus Darma tercatat menjadi salah-satu stuktur fungsional ED WALHI NTT. Atas keyakinan dan kepercayaan memegang teguh perjuangan Demokrasi Nasional, Yustinus Darma juga secara aktif mendorong terbangunnya Komite Persiapan Ormass Demnas Tani AGRA di tahun 2016 di NTT. Selain itu, Yustinus Darma juga sangat aktif mengkampanyekan perjuangan keadilan atas korban Human Trafiking. dan Yustinus Darma juga masih senantiasa memberikan dukungan kepada FMN Cabang Kupang untuk memperbesar dan memperluas perjuangannya di kampus-kampus.

Pengorbanan atas perjuangan kawan Yustinus Darma menjadi tauladan bagi seluruh rakyat Indonesia. Memegang teguh dan konsisten dalam perjuangan Demokrasi Nasional menjadi panutan yang telah ditunjukkan kawan Yustinus Darma hingga di akhir hidupnya. Tentu kematian Yustinus Darma sangatlah berharga bagi. Dirinya mati secara terhormat dengan jalan perjuangan bersama rakyat melawan 3 musuh rakyat; Imperialisme, feodalisme dan kapitalisme birokrat.

FPR bersama FMN menggelar Malam Solidaritas Kepergian Yustinus Darma di Halaman kantor PP AGRA (14/10/2016). Kegiatan malam solidaritas tersebut dihadiri dari berbagai perwakilan organisasi dan jaringan FPR.

Acara malam solidaritas dibuka dengan menyanyikan lagu gugur bunga dengan khitmat dan rasa haru dari para undangan. Lagu gugur bunga dipersembahan kepada kawan Yutinus Darma  sebagai penghormatan atas ketulusan serta kesetiannya untuk senantiasa mengabdikan pikiran, tenaga dan waktunya untuk perubahan rakyat.

Rahmat P panjaitan selaku ketua Umum Front Mahasiswa Nasional dalam sambutan dan pembacaan biografi Yutinus Darma menyampaikan bahwa keluarga besar Front Mahasiswa Nasional sangat berduka atas kematian kawan Yustinus Darma, karena Kawan Yustinus Darma adalah aktivis massa selalu berdiri kokoh berjuang bersama rakyat. Lanjutnya, “Yustinus Darma selalu menjadikan massa dan kawan-kawannya sebagai guru dalam berjuang. Dirinya tidak pernah berhenti untuk menyelami kehidupan massa rakyat.  prinsip perjuangan digenggam kuat  di setiap langkahnya. Pikiran dan Tindakan kawan Yustinus Darma sepenuhnya mengabdi pada Perjuangan Demokrasi Nasional hingga di hari kematiannya. Yustinus Darma menjadi panutan bagi aktivis-aktivis FMN, mari kita petik pengabdiannya yang total kepada rakyat hingga di akhir Hidupnya”.

Pesan solidaritas juga di sampaikkan oleh Rudi HB Daman selaku kordinator Front Perjuangan Rakyat, dalam pesan solidaritas Rudi HB Daman menyampaikkan “secara personal saya tidak terlalu kenal dalam dengan kawan Yutinus Darma, bahkan  pertemuan kami bisa dihitung jari. Namun sepengetahuan saya, kawan Yutinus Darma adalah seorang Aktivis massa yang selalu setia dan tulus mengabdikan dirinya pada rakyat, pengabdian tersebut tertuang dalam kesabarannya dan ketekunannya dalam menjalankan segala aktivitas dalam perjuangan bersama rakyat “ tuturnya.

Secara umum pesan solidaritas dari masing-masing pimpinan organisasi menyampaikan rasa dukanya yang mendalam atas kepergian kawan Yustinus Darma. FPR menyadari bahwa kematian Yustinus Darma sangat berharga dan terhormat. Kematian Yustinus Darma sangatlah berarti. Sebab kematian Yustinus Darma adalah dengan jalan mengabdi sepenuhnya kepada massa rakyat.

Kawan Widi dari PP FMN juga membacakan puisi khusus  diciptakan untuk kawan Yustinus Darma. Dalam penggalan puisinya menegaskan, “Bung, semangatmu akan hidup di tengah-tengah perjuangan rakyat”.

Acara Malam Solidaritas Kepergian Yustinus Darma ditutup dengan penampilan music dari mineral dan Doa Bersama.

Selamat Jalan Kawanku, Perjuanganmu akan selalu bersemi !

 

About fprindonesia

Front Perjuangan Rakyat (FPR) adalah aliansi organisasi-organisasi masyarakat sipil Indonesia yang pada awalnya dibentuk untuk merespon perayaan Hari Buruh se-Dunia 2008. FPR menyandarkan diri pada prinsip aliansi dasar klas buruh dan kaum tani sebagai komponen pokok perubahan sosial.
This entry was posted in Berita and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s